BELAJAR KOMPUTER

BELAJAR KOMPUTER

Jumat, 02 November 2012
MENGENAL BAGIAN BAGIAN PADA KOMPUTER PC

Apasih Fungsi dari PC??
Secara garis besar PC mempunyai fungsi sebagai  alat elektronik yang dikunakan untuk membantu meringankan tugas manusia baik dalam soal hitung menghitung, surat menyurat,pembukuan, dll. Pada dasarnya PC di bagi menjadi 2 jenis yaitu PC DESKTOP dan PC LAPTOP.

Apa saja komponen komponen dalam PC Desktop?
Pada umumnya PC (Personal Computer) memiliki banyak komponen komponen penting yang saling berhubungan satu sama lain agar dapat hidup dan berfungsi dengan normal. PC yang baik itu terdiri dari monitor,CPU(Central Processing Unit ), Mouse, keyboard, spicker. Didalam CPU terdapata banyak komponen yang sangat penting bagi sebuah PC. Diantaranya:

 CASING
Casing adalah pembungkus atau tempat meletakan komponen komponen penting dari CPU itu sendiri. Beragam jenis casing dapat di temukan, mualai dari ukuran casing kecil hingga yang besar tergantung dari ukuran dan jumblah komponen CPU itu sendiri.


MOTHER BOARD

Motherboard adalah papan yang di guanakn untuk menyambungakan semua jenis komponen computer agar dapat hidup dan digunakan dengan layak oleh pengguna computer itu sendiri.




PROCESSOR
Processor adalah inti dari computer, alat ini merupakan otak dari segala proses yang terjadi dalam sebuah computer.





RAM
RAM adalah singkatan dari Random Acces Memory. Tugas RAM ini berfungsi sebagai penggerak proses computer. Semakin besar ukuran RAM nya maka proses yang dilakukan oleh computer akan semakin cepat.


HARD DISK
Hard disk adalah sebuah alat yang terdapat dalam sebuah CPU dan memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan data. hard disk ini bisa diibaratkan sebagai rak buku, yang mempunyai fungsi menyimas semua arsip, data, atau apapun yang ingin kalian simpan.






VCD-ROM/DVD-ROM
VCD/DVD-ROM adalah perangkat computer yang berfungsi untuk menulis  / membaca kepingan VCD/DVD.


FLOPY DISK
Flopy Disk ini ialah perangkat computer yang alat yang di gunakan bukan berupa kepingan CD, melain kan kepingan Disket.



VGA CARD
Berbeda dengan VGA yang sudah tertanam lansung pada MOTHER BOARD, VGA CARD adalah perangakat tambahan pada computer yang berfungsi untuk menampilkan gambar visual pada computer agar lebih jelas dan menarik denagn resolusi yang berbeda.

LAN CARD
LAN CARD berfungsi sebagai komponen computer untuk penyambuang kabel LAN agar dapat berhubungan langsung dengan PC lainnya, bahkan LAN CARD dapat berfungsu sebagai penyambung INTERNET.

SOUND CARD
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap computer.



POWER SUPPLY
POWER SUPLAY adalah salah satu perangkat yang penting Karena perangkat ini berfungsi untuk memasukan energy listrik kedalam semua komponen komponen komputer itu sendiri.





MOUSE
Mouse atau dalam bahasa Indonesia nya itu sediri adalah tetikus berfungsi untuk sabagai alat input yaitu sebgai penggerak kursor/Pointer (Alat tunjuk berbentuk anak panah atau telunjuk tangan).

KEYBOARD
Keyboard adalah perangkat penting dari komputer yang berfungsi untuk mengetik. Tanpa KEYBOARD, kita tidak bisa melakukan pekerjaan kita dengan cepat.
SPEAKER
SPEAKER adakah sebuaj perangkat tambahan yang berfungsi untuk pengeras suara agar lebih jelas tedengar.


Sedangkan bagaimana dengan PC yang berjenis LAPTOP, dan apa perbedaan nya dengan PC berjenis DESKTOP ..???

Pada dasarnya PC yang berjenis LAPTOP, hampir sama dengan PC Yang Berjenis DESKTOP, tetapi PC dengan jenis LAPTOP memiliki postur dan ukuran yang kecil dan  sudah menjadi satu kesatuan Yang sering di sebut dengan LAPTOP saja.


Bagi anda yang ingin belajar merakit Komputer Desktop dan Laptop. Disertai petunjuk mengenai pemasangan, detail hardware, dan lainnya. Cocok bagi Anda yang ingin belajar merakit atau membongkar komputer tanpa harus khawatir rusak.Untuk kalian yang mau belajar rakit komputer di sarankan coba ini dulu deh sebelum prakteknya. karena software merupakam software simulasi mirip2 dengan CISCO PACKET TRACER


Bagai mana sih cara menggunakan computer secara utuh.??

Setelah computer dirakit secara benar disetiap bagiannya dan siap di oprasikan, maka jangan sampai ketinggalan untuk menginstal atau menanam Software agar dapat di gunakan dengan utuh. Tanpa software atau perangkat lunak  terinstal didalamnya , computer yang telah kita rakit tadi sama saja dengan barang rongsokan yang tidak berguna. Jadi jangan sampai tidak menginstal Software untuk mendukung komputerkamu yah…

Apa Sih Software Itu?
Perangkat lunak komputer secara umum dapat diartikan sebagai sekumpulan data-data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer untuk menjalankan program tau instruksi berupa perintah-perintah khusus.Software merupakan jembatan antara input dan output pada komputer yang menurut jenisnya dibagi dua, yakni:
Sistem operasi. 
Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengendalikan perangkat keras secara langsung. Selain itu sistem operasi adalah jembatan antara pengguna dan perangkat keras serta antara pengguna dan aplikasi. Sistem operasi menyiapkan lingkungan tempat berjalannya program aplikasi sehingga bisa kita gunakan. Contoh sistem operasi adalah Windows, Linux, Macintosh, Android dan lain-lain.

Program Aplikasi.
Program Aplikasi adalah suatu perangkat lunak yang dibuat untuk tujuan tertentu, yang dijalankan diatas sistem operasi. Aplikasi umumnya dibuat untuk satu tugas yang spesifik. Sebagai contoh adalah Microsoft Word untuk pengolah kata, Winamp untuk memutar musik dan Windows Media Player untuk memutar video.

Comments

Popular posts from this blog

BELAJAR KOMPUTER ASYIK...!

SISWA-SISWI SD NEGRI MELUNG BELAJAR KOMPUTER