Belajar Komputer: Panduan untuk Pemula dalam Belajar Komputer

Belajar Komputer: Panduan untuk Pemula dalam Belajar Komputer
 Zhul Al Gray |   Update 9 March 2017 |   0 Comment
belajar komputer, panduan untuk pemula dalam belajar komputer
Komputer adalah perangkat elektronik serbaguna yang dapat menerima (Input), mengolah (Process), menyimpan (store), dan menampilkan (Output) data. Teknologi komputer dan internet digunakan sebagai alat oleh hampir setiap lapisan masyarakat di seluruh dunia.

Apabila dibandingkan dengan awal kemunculannya, Komputer yang saat ini berada di pasaran sangat kompleks. Ada begitu banyak komponen yang berbeda didalamnya, dan semua komponen tersebut memiliki fungsi masing-masing. Namun pada akhirnya, komponen-komponen ini harus bekerja sama agar komputer dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Jika Anda baru belajar komputer, maka membaca artikel ini sangat tepat karena Jejak Waktu akan memandu anda mulai dari dasar untuk memahami apa itu komputer dan bagaimana komputer bekerja. Adapun pembahasan pada artikel ini diantaranya, pengertian komputer, sejarah komputer, jenis-jenis komputer, hardware, software, jaringan komputer, dan beberapa topik penting lainnya yang akan membantu Anda untuk memahami komputer.

Artikel ini dapat digunakan sebagai referensi bagi Anda yang sedang belajar komputer di lembaga formal seperti Sekolah atau Universitas, karena diambil dari sumber yang bisa dipercara seperti pendapat para ahli, organisasi yang bergerak dibidang komputer, wikipedia yang sudah di sertifikasi, dan sumber-sumber terpercaya lainnya.



BELAJAR KOMPUTER
1. Pengertian Komputer
Sejak diciptakan pertama kali pada tahun 1946 hingga saat ini, komputer telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan, baik dari segi bentuk maupun fungsi. Dari perubahan dan perkembangan inilah, beberapa ahli dan lembaga tertentu memiliki pendapat sendiri dalam mengartikan istilah “komputer”.

2. Sejarah Komputer
Jika kita melihat kebelakang, bagaimana perangkat komputer awal yang diciptakan oleh para ilmuan, baik dari segi bentuk, ukuran, cara beroperasi, dan beberapa hal lainnya, maka bisa dikatakan bahwa teknologi komputer telah mengalami banyak perkembangan dan perubahan, mulai dari cara komputer beroperasi, ukuran komputer yang menjadi semakin kecil, bentuk komputer yang bervariasi, harga komputer yang semakin murah dan kinerja komputer yang semakin kuat dan efisien.

3. Jenis-Jenis Komputer
Saat ini, ada banyak jenis-jenis komputer yang beredar dan bisa anda temukan dipasaran. Mulain dari komputer dengan ukuran yang sangat kecil sehingga bisa anda simpan di saku, sampai yang berukuran sangat besar sehingga sebuah perusahaan atau organisasi membutuhkan seluruh ruang gedung untuk menyimpan dan mengoperasikannya.

Komputer dapat diklasifikasikan dalam berbagai cara, beberapa klasifikasi yang umum digunakan diantaranya berdasarkan Ukuran, Fungsi, Data yang Diolah, Penggunaan, dan Generasi.

4. Hardware (Perangkat Keras) Komputer
Hardware (Perangkat Keras) Komputer adalah kumpulan bagian-bagian fisik dari sebuah sistem komputer. Ini termasuk Case komputer, Monitor, Keyboard, dan Mouse. Hardware komputer juga mencakup semua bagian yang ada di dalam case komputer, seperti hard disk drive, motherboard, video card, dan lain-lain. Singkatnya, Hardware komputer merupakan apa yang anda dapat sentuh secara fisik.

5. Software (Perangkat Lunak) Komputer
Software komputer adalah kode pemrograman yang dijalankan pada sebuah processor komputer. Kode ini dapat berupa kode tingkat mesin (machine-level code), atau kode yang ditulis untuk sebuah Sistem Operasi. Sistem operasi adalah software yang ditujukan untuk menyediakan sebuah lapisan bagi programmer dalam membangun software lain yang berjalan diatas sistem operasi, yang dikenal sebagai Aplikasi.

6. Data Komputer
Ketika memilih sebuah komputer baru, kita akan menemukan istilah-istilah seperti “Hard Disk Drive 1 TB” dan “RAM 4 GB“, dan bagi yang belum tahu, tentunya hal ini akan cukup membingungkan. Data pada komputer diwakili dalam serangkaian bit (digit-digit biner) atau 1 dan 0.

Sejak komputer diciptakan untuk pertama kalinya, bit telah menjadi bahasa yang mengontrol proses-proses yang terjadi di dalam kotak hitam misterius yang disebut “komputer”. Memahami yang mana yang lebih besar atau lebih cepat, dan berapa banyak, akan menjadi faktor penting dalam memilih komputer yang cocok dengan kebutuhan Anda.

7. Jaringan Komputer
Sejak munculnya jaringan komputer, dunia telah mengalami banyak perubahan. Dimulai dari cara manusia dalam berinteraksi satu sama lain, berbisnis, dan melakukan pekerjaan sehari-hari lainnya. Hampir semuanya telah bergantung pada jaringan dan komunikasi data.

Pada jaringan komputer, perangkat disebut sebagai Node, yang dihubungkan dengan media link yang disebut Jaringan. Sebuah node dapat berupa perangkat yang mampu mengirim atau menerima data yang dihasilkan oleh node lain pada jaringan, seperti komputer, printer, wireless storage, dll. Link yang menghubungkan perangkat disebut sebagai saluran komunikasi (Communication channel).

Comments

Popular posts from this blog

BELAJAR KOMPUTER ASYIK...!

SISWA-SISWI SD NEGRI MELUNG BELAJAR KOMPUTER

BELAJAR KOMPUTER